Wisata  

Ingin Liburan di Dalam Negeri? Ini Dia 4 Kota Wisata Favorit di Indonesia

Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Foto: maritim.go.id

TERASDESA.CO.ID — Dengan area yang sangat luas, Indonesia memiliki banyak sekali kota yang memenuhi kriteria sebagai kota wisata. Selain memiliki berbagai tempat wisata, kota-kota tersebut juga memiliki ragam khazanah kuliner yang sangat perlu dieksplorasi oleh pengunjung atau wisatawan.

Saking banyaknya kota dengan potensi pariwisata menarik di Indonesia, artikel ini tidak akan cukup untuk membahasnya satu per satu. Oleh karena itu dalam kesempatan kali ini, kami akan memilih 10 kota di Indonesia yang layak Anda kunjungi sebagai destinasi wisata.

Simak list kami berikut ini, dan segera booking tiket pesawat jika Anda tertarik mengunjungi salah satu dari kota berikut ini.

1. Samosir

Kabupaten Samosir di Sumatera Utara terkenal sebagai destinasi wisata karena keberadaan Danau Toba dan Pulau Samosir yang terkenal hingga mancanegara.

Danau Toba sendiri merupakan sebuah danau raksasa yang terbentuk akibat dari aktivitas gunung berapi. Danau ini memiliki panjang 100 km dan lebar 30 km sehingga menjadi satu dari segelintir danau vulkanik terbesar di dunia.

Keberadaan Bandar Udara Sibisa yang letaknya strategis di pinggiran Danau Toba saat ini, membuat waktu tempuh menuju Kabupaten Samosir menjadi lebih cepat. Akses wisatawan menuju Kabupaten Samosir menjadi lebih mudah dan banyak pilihan.

Selain menikmati kemegahan Danau Toba, wisatawan  juga bisa menjelajah kawasan hutan pinus di sekitar danau, menikmati pemandian air hangat, dan bermain-main di sekitar air terjun.

Di Kabupaten  Samosir ada 2 desa wisata yang juga tak luput dari perhatian wisatawan, yakni Tomok dan Tuktuk. Di Tomok, Anda bisa mengunjungi makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan melihat pertunjukan boneka Sigale-gale.

2. Yogyakarta

Grebeg Maulud Kraton Yogyakarta. Foto: Shuterstock

Yogyakarta adalah sebuah kota dengan kekentalan adat istiadat serta sejarah yang membuat pengalaman wisatawan mengunjungi kota ini selalu menarik. Daerah istimewa dengan kesultanan sebagai sistem pemerintahan membuat pesona kota ini semakin kuat.

Selain warisan budaya dari keraton Yogyakarta, dari kota ini wisatawan juga dapat mengunjungi dua candi fenomenal yang ada di Pulau Jawa, yakni Candi Borobudur di Magelang dan Candi Prambanan di Selaman.

Untuk kulinernya, Anda sudah pasti kenal dengan gudeg, bakpia, ayam geprek hingga oseng mercon. Beragam macam kuliner tersebut muncul pertama kali di Yogyakarta.

Di manapun Anda berada Anda bisa data ke Yogyakarta dengan menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, maupun booking tiket pesawat melalui aplikasi Traveloka.

3. Manado

Taman Nasional Bunaken Foto: itrip.id

Manado, Sulawesi Utara, punya segalanya untuk menjadi salah satu kota destinasi wisata andalan di Indonesia. Untuk para pencita laut, di kota ini terdapat Taman Nasional Bunaken yang merupakan taman laut ternama di dunia, rumah bagi ribuan spesies ikan dan terumbu karang.

Di Taman Nasional Bunaken terdapat empat gugusan pulau yakni Pulau Manado Tua, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Bunaken.  Gugusan pulau ini juga menjadi situs diving favorit wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Siapapun akan takjub melihat keindahan dan kekayaan dunia bawah laut di Bunaken.

4. Lombok Utara

Keindahan panorama Gili Trawangan. Foto: pemburuombak.com

Kalau Anda bosan atau jengah dengan kepadatan kota/kabupaten di Pulau Bali, Lombok Utara menjadi destinasi wisata pilihan yang lebih lengang dan tenang.

Lombok menjadi kota wisata dengan beragam destinasi menarik, mulai dari Mandalika yang menjadi tuan rumah MotoGP 2022, hingga Pantai Kuta yang dikenal dengan kejernihan laut dan kebersihan pantai pasir putihnya.

Kalau Anda ingin pergi ke Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Gili Trawangan. Gugusan pulau ini memiliki pantai dengan panorama yang eksotis. Siapa pun yang berkunjung ke sini pasti akan tersihir dengan keindahan alamnya.

Paduan langit biru, air laut yang jernih berkilauan terkena pantulan cahaya matahari, dan pasir putih yang halus bak permadani akan semakin menyempurnakan liburanmu.

Itulah 4 destinasi kota di Indonesia dengan potensi wisata dan kuliner yang layak Anda kunjungi. Bila Anda sedang merencanakan liburan dalam waktu dekat, Traveloka siap membantu mewujudkannya. Anda bisa memesan tiket kereta api dan pesawat, hingga booking hotel melalui aplikasi Traveloka. Segera tentukan destinasi wisata dan selamat berlibur!

Exit mobile version