Kampung Ramsai – Way Kanan Kini Punya Perpustakaan Berbasis Internet

0
440

TERASDESA.CO.ID, Way Kanan  — Gerakan budaya baca yang dilakukan Pemerintah disambut dengan antusias oleh Pemerintah Kabupaten Way Kanan dengan terus melakukan kegiatan yang nyata. Atas inisiasi pemuda Kampung Ramsai, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Way Kanan pada Rabu (25/1) aparatur Kampung Ramsai baik pemuda Karang Taruna, ibu – ibu PKK meluncurkan PustakaNET sebuah perpustakaan Kampung yang berbasis internet di balai Kampung Ramsai Kecamatan Way Tuba pagi tadi.

Menurut pengurus PustakaNET Kampung Ramsai Hendrik Purnama Resma kegiatan ini merupakan keinginan masyarakat dimana pentingnya budaya baca bagi segala usia hingga betapa penting teknologi informasi saat ini.

Hendrik mengatakan, peluncuran PustakaNET yang berbasis teknologi internet ini sangat membantu masyarakat untuk terus membaca dan melek teknologi betapa banyaknya informasi yang didapat dengan berbagai jenis profesi di kampungnya.

Misalnya petani karet tentunya mereka bisa mengetahui berbagai persoalan tentang tanaman karet bahkan permasalahan lainya sampai dengan harga karet dunia kemudian dikalangan pelajar dan pemuda informasi pengetahuan banyak berdampak positif.

“PusatkaNET yang memberikan pelayanan gratis membaca buku dan akses internet dengan mendaftar pada pengelola pustakaNET, ini gerakan awal yang saya rasa besar manfaatnya bagi kampung,” kata Hendrik, Minggu (29/1/2018)

Kampung Ramsai yang terletak di ujung utara Kabupaten Way Kanan berbatasan dengan Kabupaten OKU Timur Sumatera Selatan merupakan kampung pertama yang memberikan layanan akses internet. Diharapkan  ke depan dapat memberikan pendapatan bagi kampubg tersebut dimana banyak manfaat bagi kesejahteraan kampung mulai dari pembayaran rekening listrik,tiket kendaraan,warnet dan lainya yang berhubungan dengan teknologi.

“Pemanfaatan potensi kampung bisa dilakukan dengan adanya internet bahkan potensi kampung dan permasalahan profesi yang notabene sebagai petani 90 persen harap kami dapat memberikan solusi dengan teknologi informasi ini”,tegas Saeful Muhaimin, Sekretaris Kampung Ramsai.

Peluncuran pustakaNET dilakukan dengan menggunting pita di ruang baca perpustakaan dan pemberian donasi buku oleh Ibu Wakil Bupati Way Kanan Thurismawaty Edward Antoni,  didampingi Camat Way Tuba unsur Muspida,tokoh agama,tokoh masyarakat,organisasi pemuda,pelajar serta masyarakat umum lainya.

Aan Frimadona Roza



Catatan Redaksi: Ayo, Duniakan Kampungmu!

Jangan malu jadi orang kampung. Kita saatnya kita membangun kampung. Kabarkan hal baik tentang kampungmu. Kirimkan beritanya disertai foto ke teraslampung@gmail.com. Kami akan menduniakan kampungmu. Kita bisa!

TIDAK ADA KOMENTAR