Puluhan Petani Siap Jadi Kader Udara Bersih Indonesia

TERASDESA.CO.ID — Puluhan petani asal Lampung dan Kalimantan Barat siap menjadi kader udara bersih Indonesia yang digelar Field Indonesia. Mereka bersama belasan petani asal Kalimantan mengikuti Pelatihan Kader Udara Bersih Indonesia pada 14 – 20 Januari 2021 di  Balai Pelatihan Pertanian Lampung.

Pelatihan menghadirkan fasilitator Simon HT, Kuswara, Kuswana, dan tim fasilitator dari delapan provinsi.

“Peserta merupakan petani dari Provinsi Lampung dan Kalimantan Barat. Provinsi Lampung di Wakili 18 petani dari Lampung tengah, Lampung Timur, dan Tulangbawang. Sedangkan petani Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 18 orang,” kata Muhammad Basyirudin Faisol, petani asal Lampung Tengah, saat mendampingi Direktur Field Indonesia, Heru Setyoko.

Muhamad basyirudin faisol yang akrab di panggil Kang Basyir Selaku Fasilitator Provinsi Lampung mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan di delapan provinsi yakni di Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Riau, Lampung, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Pelatihan ini betujujuan untuk memperkenalkan metodologi atau teknik pengolahan lahan kepada petani agar meminimalkan gangguan terhadap lingkungan, terutama pembakaran lahan.

Teknik pengolahan yang diperkenalkan yakni mulsa tanpa olah tanah.  Teknik ini lebih ramah lingkungan tanpa harus membakar lahan dan dapat mengurangi polusi asap di Indonesia.

“Kami ingin menciptakan udara bersih di Indonesia dengan memperkenalkan metodologi baru mulsa tanpa olah tanah. Ada tiga mulsa tanpa olah tanah. Yakni dengan  bedengan kayu, tumpukan kayu yang diberikan tanah dan mulsa, serta deep litter chicken,” jelasnya,

“Setelah acara ini, nanti pada awal Maret 2022 akan ada pelatihan tingkat Kabupaten yang diikuti 90 orang calon kader udara bersih Indonesia,” katanya.

%d blogger menyukai ini: