Resmikan Bendungan Pidekso di Wonogiri, Ini Pesan Jokowi

Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Selasa, 28 Desember 2021.

TERASDESA.CO.ID, WONOGIRI — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pidekso di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (Jateng, Selasa (28/12/2021).

“Bendungan Pidekso Kabupaten Wonogiri provinsi Jawa Tengah, siang hari ini saya nyatakan diresmikan,” kata Presiden Jokowi melalui siaran virtual.

Menurut Presiden Jokowi, keberadaan bendungan Pidekso ini sangat penting dalam upaya mencapai kedaulatan pangan di dalam negeri. Mengingat, sumber daya air yang diberikan melalui infrastruktur yang dibangun ini menjadi penting dalam pengelolaan lahan pertanian ke depan.

Dengan begitu, produktivitas pertanian di sekitar kawasan terkait dapat ditingkat menjadi lebih baik lagi. Dengan cara memanfaatkan air yang dialiri dari infrastruktur bendungan tersebut secara optimal.

“Kita ingin kemandirian pangan tercapai dan kedaulatan pangan tercapai. Air merupakan kunci hal itu tercapai,” kata Presiden.

Infrastruktur ini, lanjut Presiden, dibangun mulai dari 2017 dengan memakan biaya mencapai Rp772 miliar. Bendungan ini memiliki kapasitas daya tampung air sekitar 25 juta M3 dengan cakupan luas genangan mampu mencapai 232 hektar.

Disinyalir, keberadaan dari infrastruktur ini mampu memberikan air kepada sekitar 1500 hektar sawah yang berada di seputar kawasan Wonogiri dan lainnya.

“Dengan luas genangan 232 hektar yang ini bisa mengairi kurang lebih 1500 hektar sawah di kabupaten Wonogiri,” imbuh Presiden.

Beberapa waktu lalu, pemerintah tengah gencar membangun infrastruktur bendungan, agar mampu mewujudkan kedaulatan pangan. Komitmen ini akan terus dilakukan sampai dapat mewujudkan hal di atas.

“Saya baru saja meresmikan Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara dan pada hari yang sama meresmikan Bendungan Pidekso di Jawa Tengah sebagai cara meraih ketahanan pangan,” pungkas Kepala Negara.

%d blogger menyukai ini: